-->
Idzam Blog's

[SOLVED] Cara mengatasi Error Flashing Rom Via TWRP

Flashing melalui twrp memang jauh lebih mudah dan simple tapi terkadang sering terjadi error. Salah satunya adalah error ketika ekstrak file rom dari recovery ke system saat proses flashing. Hal ini bisa terjadi pada semua jenis hp, terlebih bagi yang pertama kali melakukan flashing melalui twrp. atau baru mencoba mengganti hp dengan custom rom baru.

failed to extract from recovery to system

Saya sendiri mengalaminya saat ingin mengdowngrade stock rom miui dari xiaomi redmi 2. Setelah dilakukan wipe data, cache dan dalviks, kemudian melakukan instal rom. Ternyata malah terjadi error, kira-kira seperti ini ' failed to extract dir from "recovery" to "/system" ' . Pada awalnya saya pikir rusak atau corrupt file instalan, kemudian melakukan download ulang namun tetap sama saja.

Sempat terlintas, mungkinkah emmc nya rusak ?. Tapi ternyata saya baru ingat tentang system mount. Jadi dalam keadaan default system berada dalam posisi mount. Sehingga menjadi read-only, dan kita tidak bisa melakukan instalasi rom baru didalam folder tersebut. Solusinya tentu saja adalah dengan cara unmount folder system tersebut sebelum melakukan flashing dengan twrp. Untuk cara-caranya, silahkan simak yang dibawah ini ya :

Ingat jangan lupa untuk melakukan backup hp kalian agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semua resiko tanggung sendiri ya


Pertama silahkan masuk kedalam mode recovery handphone kalian. Karena kita membahas twrp, saya kira kalian semua sudah tahu caranya. Untuk xiaomi tekan tombol volume up + power dan tahan beberapa detik sampai menyala.

Kedua, silahkan masuk ke dalam menu recovery. Pada beberapa jenis hp, akan otomatis langsung masuk ke twrp.

Ketiga, lakukan wipe atau pembersihan rom lama dengan pilihan cache, dalviks, data dan system. Jangan hapus internal storage, nanti memori internal kalian bisa ter format. Kemudian kembali ke menu utama twrp

Keempat, pada menu utama twrp, pilih  Mount / Unmount tergantung twrp yang terpasang. Kemudian hilangkan ceklis pada folder /system. Lalu kembali

mengatasi error saat extract rom ke system miui



Keempat, Sekarang coba instal kembali rom yang sudah kalian siapkan. Maka selanjutnya proses instalasi akan berhasil dan tidak akan gagal lagi saat ekstrak file rom.


Ingat, proses flashing melalui twrp tidak boleh terganggu. Jadi pastikan baterai kalian tidak dalam keadaan kritis. Dan proses ini bisa memakan waktu cukup lama, ketika hp kalian seperti terdiam sebaiknya tunggu sampai menyala kembali. Jika dimatikan secara paksa atau kehabisan baterai, hp berisko untuk bootloop.


Nah itu dia tips buat kalian yang sedang mencari cara mengatasi gagal ekstrak file rom kedalam sistem. Sebaiknya jangan terlalu sering gonta-ganti rom ya, tidak baik untuk kesehatan emmc kalian. Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[SOLVED] Cara mengatasi Error Flashing Rom Via TWRP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel