-->
Idzam Blog's

Letak Logo bin, Bootanimation dan Bootaudio di HP Android

Kali ini hanya trit sederhana yang semoga bisa membantu para opreker pemula seperti saya. Soalnya di grup facebook ternyata banyak orang yang bertanya soal letak file ini dan cara menggantinya. Kebanyakan orang yang melakukan oprek pastinya hanya ingin mengganti tampilan hp mereka sehingga menjadi sesuai selera sendiri atau beda dari yang lain. Karena itu biasanya yang diganti hanya rom, bootanimation dan logo.bin ini.

Semisal hp kalian sudah terpasang custom recovery semacam twrp atau cwm, untuk menginstal file tersebut tidaklah susah. Cukup download tampilan pengganti yang di inginkan kemudian flash melalui recovery dan restart hp, jika tidak ada masalah , hp sudah mendapat tampilan baru.

Nah sekarang langsung saja ke pembahasan, pada dasarnya untuk mengubah tampilan android, kita mengganti file asli didalamnya dengan file baru yang sama dari segi ukuran dan dimensi namun berbeda hasil displaynya. 

Untuk dapat melihat ke dalam file system, hp kalian harus di root terlebih dahulu ya, bisa dilihat disini caranya kalau hp kalian berbasis mediatek seperti advan i5c marshamallow


Pertama silahkan gunakan root explorer, dengan menggunakan aplikasi ini, memungkinkan kita bisa melihat seluruh file yang ada pada hp , termasuk file system dan hidden.

Setelah kalian install, silahkan buka root explorer dan cari folder System, Lalu pilih folder Media
letak-boot-logo-bin-android


Nah, pada umumnya disitu kalian akan bisa melihat terdapat beberapa file, diantaranya :
bootanimation.zip file untuk animasi saat booting/dinyalakan, bootaudio.mp3 file musik saat hp booting/dinyalakan, shutanimation.zip file animasi saat hp shutting/dimatikan, shutanimation.mp3, file musik saat hp shutting/dimatikan. 
Terkadang vendor hp memiliki nama dan ekstensi yang berbeda untuk boot logo dan boot/shutanimation ini. seperti halnya hp samsung, sebaiknya cari informasi tentang hal ini sesuai tipe hp kalian jika memang file yang dicari tidak dapat diketemukan.
Terkadang Disana juga terdapat file Logo.bin / Boot_Logo.bin yaitu file animasi bootloader, yaitu animasi saat hp baru dihidupkan atau saat di charge dalam kondisi dimatikan.

Namun lokasi Logo.bin/Boot_logo.bin pada umumnya berada pada folder images , seperti berikut :
/System/Media/Images
letak-boot-logo-bin-android


Untuk mengubah file tersebut, kalian cukup menggantinya dengan file yang sudah kalian sediakan ditempat dan nama yang sama sesuai file aslinya. 

Ingat file permission harus di set ke rw-r-r- 

Jika kalian sudah mencari file Logo.bin / Boot_logo.bin ternyata tidak ada , itu artinya file tersebut disimpan difolder lain dengan nama / ekstensi lain yang memang disengaja oleh vendor hp tersebut. Dan jika tidak ada orang yang sudah membuat boot logo khusus untuk hp tersebut. Berarti satu-satunya cara untuk bisa menggantinya adalah dengan cara Flashing menggunakan software.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Letak Logo bin, Bootanimation dan Bootaudio di HP Android"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel