-->
Idzam Blog's

Mengenal GApps

Sebenarnya mungkin sudah banyak yang tahu tentang apa itu GApps. Namun beberapa hari yang lalu saya mendapat banyak pertanyaan tentang ini di forum. GApps bahkan pertama muncul sejak tahun 2006, yaitu sejak dimunculkannya Gmail. GApps atau Google Apps adalah serangkaian perangkat lunak, alat komputasi, cloud dan produk yang dikeluarkan oleh google. Contohnya Gmail, Playstore, G+, Google drive dan lain sebagainya. Intinya segala aplikasi yang dibuat oleh google itu disebutnya GApps.
mengenal gapps

Bagi pengguna android sebenarnya sudah tidak asing dengan hal ini. Pada hp android biasanya sudah terinstal aplikasi-aplikasi ini. Kalau begitu buat apa fungsinya GApps ? atau kenapa banyak orang mencarinya ?.

Para pengguna android sekarang ini sangatlah banyak, dan dikarenakan android merupakan open source yang boleh dipergunakan. Perkembangan sistem operasi ini pun sangatlah pesat, termasuk para modder atau tukang modifikasi. Sistem operasi hasil modifikasi ini biasanya disebut custom rom. Dan ada beberapa custom rom tersebut yang tidak terdapat GApps didalamnya. Hal tersebut dimaksudkan agar pengguna bisa dengan bebas menginstal sendiri aplikasi google yang diperlukannya.
 
Contohnya adalah custom rom Cyanogen, untuk basic didalamnya tidak terdapat aplikasi google semacam gmail dan playstore. Karena itulah penggunanya harus mendownload sendiri GApps ini.

Kenapa perlu menginstal GApps ?

Mungkin diantara kalian sempat bertanya-tanya, kalau memang cuma kumpulan aplikasi google, kenapa tidak manual saja ?. Wel sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan, dan jauh lebih aman karena kita download langsung via playstore.

Namun pada custom rom tanpa GApps, playstore ini tidak ada. Dan kalaupun kalian mendownload playstore.apk untuk di instal pada custom rom tersebut, besar kemungkinan akan terjadi error. Karena itulah didalam paket-paket ini sudah termasuk module dasar agar hp bisa terkoneksi dengan layanan google. Yang dikenal dengan sebutan Google system base, module ini sudah termasuk pada semua paket ya.

Bagaimana cara memilih dan instal paket GApps ?

Pertama, silahkan kunjungi situs : https://opengapps.org/. Untuk mendownload paket aplikasi google yang nantinya akan di instal. Pada situs tersebut, kalian akan melihat ada beberapa pilihan, diantaranya platform, android dan varian.
  1. Platform : Struktur CPU hp, biasanya ARM, untuk keluaran baru bisa pilih ARM64, x86
    cara instal gapps
    untuk prosesor intel semacam asus. x86_64 sangat jarang rasanya hp ini, biasanya emulator
  2. Android : ini adalah versi android kalian , 4.4(kitkat),5.5 (lolipop), 6.0 (marshmellow) dan seterusnya
  3. Variant  : Tipe paket yang akan kalian instal
  • Tvstock - untuk tv standar semacam nexus player
  • Pico - paket minimum hanya google play
  • Nano - paket minimum + fungsi ekstra playstore
  • Micro - Apps google standar ( calendar, gmail dan google now)
  • Mini - Standar + fungsi ekstra untuk playstore
  • Full - full semua aplikasi google namun tidak mengganti aplikasi bawaan hp sebelumnya
  • Stock - Full semua seperti hp android baru dengan bawaan GApps (ini paling banyak direkomendasikan kalau kalian gak yakin milih yang mana)
  • Super - Semua aplikasi google yang pernah dibikin langsung otomatis dimasukan
  • Aroma - Installer buat paket super biar bisa pilih aplikasi yang di instalnya


Namun saya sarankan kalian untuk memilih variasi Nano atau Micro jika kalian ingin ada fitur face unlock dari google. Karena dengan paket tersebut sebenarnya hp sudah bisa menjalankan playstore. Selain itu situs tersebut bukanlah official dari google, sehingga untuk menjamin keamanan dan update aplikasi. Sebaiknya kita download dan instal manual aplikasi google lain yang dibutuhkan setelah menginstal playstore. Kemudian menginstal aplikasi lain secara manual atau biasa di playstore.

Cara instal GApps

Cara nya mudah, setelah kalian mendownload paket pilihan. Silahkan simpan di sdcard atau internal memory. Kemudian masuk ke recovery mode, bisa cwm atau twrp, kemudian install / update dengan menggunakan paket tersebut.

Nah itu dia cara memilih dan instal Gapps atau google apps ini. Semoga kalian tidak bingung lagi ketika mencari custom rom yang membutuhkan Google apps. Harap di ingat selalu untuk backup hp sebelum mengoprek android. semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal GApps"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel