-->
Idzam Blog's

Beberapa Cara Mengatasi SOD (Sleep Of Death) di Android

SOD (Sleep of Death) adalah kondisi dimana hp android mati secara mendadak saat masuk mode sleep atau standby. Hp terkena sod biasanya mati ketika dimasukan ke kantong atau dibiarkan beberapa saat. Dari yang saya amati kebanyakan pengguna hp xiomi mengalami hal ini, tapi mungkin pengguna samsung, htc, oppo, sony atau hp china lain pun bisa.
Mengatasi sleep of death android

Hp mati mendadak seperti ini tentu sangatlah membuat frustasi, kadang untuk menghidupkannya perlu menekan tombol power seperti menghidupkan awal atau bahkan mencabut baterai. Karena itulah dibawah ini ada beberapa cara bagi kalian yang sedang mencari solusi untuk masalah tersebut. Saya sendiri sudah mengalami ini pada hp xiomi redmi 2, dengan cara sederhana tanpa flash ulang sekarang hp saya sudah berhasil normal kembali.
Bagi kalian yang hpnya telah di root, sebelum mencoba trik dibawah sebaiknya coba instal stock rom terlebih dahulu. Dengan begitu bisa diketahui sumber masalahnya. Keseluruhan trik dilakukan dengan resiko masing-masing ya gan. Jadi biasakan backup data penting sebelum mengoprek androidnya.
Oke langsung saja, berikut cara yang bisa kalian lakukan agar hp sembuh dari penyakit SOD.

Hapus aplikasi tidak penting

Hapuslah aplikasi-aplikasi tidak diperlukan, penyebab sod ini sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti. Karena bisa diakibatkan oleh beberapa hal, termasuk dari aplikasi yang di instal. Kemudian bersihkan handphone kalian dengan aplikasi pembersih yang bisa ditemukan di playstore.

Gunakan aplikasi SOD Killer

Jika cara diatas masih belum bisa membuat hp normal kembali, silahkan download dan gunakan aplikasi SOD Killer di playstore. Untuk beberapa jenis hp disebutkan aplikasi ini sangat membantu, tapi kelihatannya memang tidak support semua. Namun jika masih gagal, silahkan ikuti cara selanjutnya. Saya sendiri sudah berhasil memperbaiki SOD dengan 2 cara ini, tapi jika hp kalian masih membandel, silahkan ikuti cara lainnya dibawah ini.

Hard reset 

Lakukan hard reset pada hp kalian, lebih baik reset melalui recovery mode dengan cara menghapus seluruh data internal. Yaitu menghapus user data, dalvik dan cache sehingga handphone akan dipaksa memuat ulang seluruh konfigurasi seperti layaknya hp baru. Ingat jangan lupa untuk membackup data kalian terlebih dahulu !

Flash Ulang / Update ROM

Setelah cara diatas masih belum berhasil, kalian bisa melakukan flash ulang. Kadang beberapa hp menggunakan custom rom yang tidak stabil. Karena itu layak dicoba dengan flash ulang hp seperti sedia kala menggunakan stock rom, atau menggunakan rom yang paling stabil.
SOD xiomi redmi 2
Proximity & Kamera Redmi 2

Periksa Proximity Sensor

Proximity adalah sensor yang digunakan oleh hp untuk menentukan jarak antara hp dengan objek.
Fitur ini membuat hp bisa mengunci layar secara otomatis saat dimasukan kedalam kantong atau saat menelepon. Dengan rusaknya sensor tersebut membuat hp menjadi error dan selalu mengunci sendiri. Caranya dengan melepas sensor tersebut dan membersihkannya dari debu secara perlahan.

Hardware trouble shooting

Jika semua cara telah dicoba namun penyakit sod masih belum sembuh, silahkan untuk dicoba membersihkan seluruh komponen dan memasangnya kembali. Karena kondisi fisik hp yang tidak prima juga bisa mengakibatkannya mati secara mendadak. Saya pun pernah membaca di forum android bahwa sod bisa diakibatkan oleh lemahnya komponen lcd / touchscreen. Jadi sebaiknya untuk tahapan ini dilakukan oleh ahlinya / tukang servis.

Setelah semua cara masih belum bisa juga menghilangkan sod dari android kalian. Masih bisa dilakukan cara berikut, namun sifatnya tidak permanen dan membuat boros baterai :

1. Hidupkan selalu hotspot
2. Matikan mode standby atau beri waktu >1jam sebelum matikan layar
3. Biarkan layar hp selalu hidup, cara ini bisa dilakukan pada settingan developer tool.

Oke itu dia artike kali ini tentang mengatasi penyakit hp android yang sering mati sendiri. Semoga dari beberapa cara diatas bisa memperbaiki hp kalian. Jangan lupa untuk membaca info lainnya diblog ini ya. Sekian semoga bermanfaat


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Cara Mengatasi SOD (Sleep Of Death) di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel