-->
Idzam Blog's

Emulator Android Terbaik Paling Ringan untuk Laptop dan PC

Kali ini saya akan membahas tentang emulator android yang bisa digunakan pada laptop dan pc tanpa sering lag atau hang. Bagi kalian yang pernah menggunakan emulator android di laptop, baik itu untuk main games, sosmed, testing dll. Pasti sudah tahu betul bahwa emulator ini selalu hang dan lag saat digunakan, terlebih untuk laptop low end atau spek rendah. Tentu hal ini membuat frustasi dan malas untuk menggunakannya. Karena itulah saya akan memberikan list beberapa emulator android dengan ranking kecepatannya sesuai pengalaman saya pribadi saat menggunakannya.
emulator android terbaik dan ringan untuk laptop

Rank ini berdasarkan pada kecepatan dan keringanannya saja dalam menjalankan aplikasi dasar dan sosial media. Tanpa memperhitungkan fitur, kompatibilitas dan lain sebagainya. Sebagai acuan, saya menggunakan emulator berikut pada laptop dengan 2gb ram.

5.  Bluestack
Oke emulator ini pasti sudah banyak yang mengenalnya, karena merupakan salah satu emulator pertama dan paling populer. Bluestack menawarkan kecepatan, stabilitas dan fitur yang luar biasa banyak untuk sebuah emulator. Bahkan untuk memainkan games berat sekalipun, emulator ini mampu menjalankannya tanpa kesulitan. Bluestack bisa dibilang adalah emulator terdepan, karena banyaknya fitur dan update os android terbaru. Karena hal itulah, emulator ini menjadi sering lag dan macet saat digunakan untuk bermain games berat dan entu saja itu tergantung pada spek komputer kalian.
Tapi meskipun begitu saya terpaksa menyimpannya di ranking 5, karena emulator dibawah ini ternyata jauh lebih cepat untuk penggunaan dasar.

4. Andy Emulator
Emulator ini memiliki fitur seperti bluestack namun dengan tampilan yang lebih sederhana. Saat saya mencoba memainkan game 3d pun, emulator ini mampu menjalankanya dengan lancar dan loading sangat cepat. Kekuranganya mungkin adalah seringnya hang dan crash ataupun error saat digunakan. Tetapi jika anda hanya menggunakannya untuk sosmed atau hal lain selain gaming, saya rasa masih bisa digunakan sebagai alternatif bluestack yang lebih berat.

3. Nox Player
Nox adalah emulator yang paling sering saya pakai, interface nya sendiri mirip dengan beberapa emulator lain, seperti andy . Salah satu hal yang paling saya suka dari nox adalah, mampu merubah ukuran emulator sesuai keingingan tanpa crash. Karena pengalaman saya, saat merubah ukuran emulator biasanya perlu restart kalau tidak nantinya akan hang atau crash. Selain itu nox mampu menggunakan hampir semua aplikasi sosial media. Contohnya whatsapp dan instagram, yang entah kenapa saya selalu gagal instal pada emulator lain.
Kekurangannya adalah saat memainkan beberapa games, nox lebih lambat dan sering lag dibanding bluestack ataupun andy.

Untuk daftar selanjutnya, emulator dibawah ini jauh lebih ringan dibanding daftar diatas. Akan tetapi fitur yang tersedia sangatlah minim. Sehingga  hanya cocok untuk testing aplikasi atau sosial media saja.

2. Gennymotion 
Ini adalah emulator yang paling sering digunakan para developer, atau pembuat aplikasi untuk android. Karena pada  emulator ini kita dapat membuat beberapa profile device sekaligus. Misal kalian bisa membuat emulator untuk hp android nexus, galaxy 7 dan juga versi android yang kalian inginkan. Disitusnya terpadat masa trial bagi kalian yang ingin mencobanya langsung. Tapi secara keseluruhan emulator ini sangat ringan dan cepat untuk digunakan, meskipun fiturnya sangatlah terbatas.

1. Android Studio / Android SDK Emulator
Emulator yang satu ini sangatlah cepat dan ringan, biasanya saat kita menggunakan emulator performa laptop akan menurun. Akan tetapi jika menggunakan emulator ini, hampir tidak berpengaruh sama sekali terhadap keseluruhan kinerja komputer. Tentu masih tergantung pada spek komputer yang kalian miliki.
android sdk emulator

Emulator ini adalah buatan asli dari google, yang digunakan oleh para developer untuk melakukan testing terhadap aplikasi yang mereka buat. Kita pun bisa menggunakannya untuk menjalankan aplikasi tertentu. Contohnya mungkin kalian ingin  menjadikannya sebagai aplikasi chat untuk aplikasi messenger/bbm/whatsapp, terutama bagi yang jualan atau customer service.
Akan tetapi emulator ini mempunya kelemahan, yaitu susahnya proses instalasi dan proses panjang supaya kalian bisa menjalankan aplikasi di emulator ini . Meskipun begitu kalian bisa mencari tutorial tentang instalasinya di internet.

Nah itulah dia beberapa emulator yang menurut saya pribadi sangat cepat dan ringan untuk digunakan pada laptop atau pc. Ada beberapa emulator yang ringan tidak saya masukan disini, karena beberapa alasan. Diantaranya ; mereka tidak update lagi, terlalu banyak error sehingga susah digunakan, atau saya sendiri belum pernah mencobanya.

Selain itu jika kalian ingin tahap lebih lanjut, saya sarankan mencoba dengan instal android secara langsung ke laptop /pc dengan model dual boot. Sehingga nanti terpada dual os android dan pc yang bisa digunakan dan pastinya lebih cepat dan ringan dibanding emulator. Lain kali mungkin akan saya tulis tutorialnya ya. Sekian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Emulator Android Terbaik Paling Ringan untuk Laptop dan PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel