-->
Idzam Blog's

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hp Android

Menghapus aplikasi bawaan bisa menjadi salah satu pilihan bagi kalian yang mengalami masalah pada hp android. Seperti sering hang, memori penuh, atau error yang disebabkan oleh aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi tak terpakai pada hp android juga bisa mempengaruhi umur batrai dan daya tahan hp. Karena itulah aplikasi bawaan hp yang tidak berguna, lebih baik dihapus saja.

Tapi ternyata untuk menghapus aplikasi bawaan tidaklah semudah menghapus aplikasi biasa. Ini karena aplikasi tersebut sudah berupa stock yang disediakan oleh vendor hp dan juga google, selaku pemilik android. Namun tidak perlu berkecil hati, karena selalu ada jalan ke roma. Dalam hal ini selalu ada cara untuk menghapus aplikasi bawaan android.

Untuk Hp Belum ROOT
Pada hp unroot sebenarnya tidak bisa menghapus aplikasi bawaan, namun kalian bisa memilih opsi lain. Yaitu, menyembunyikan atau menonaktifkannya. Dan saya rasa fungsinya sama dengan menghapus aplikasi tersebut. Namun aplikasi akan kembaali aktif saat hp di reset ulang.
cara menghapus aplikasi bawaan android
Untuk hp dibawah kitkat bisa dengan cara menyembunyikannya (hide), tapi pada umumnya bisa dengan cara berikut ini : Buka  Settings > Device > Apps (Menu Aplikasi). Kemudian temukan aplikasi yang akan kalian hapus. Pilih Force Stop (Paksa Berhenti) kemudian Disable. Hal tersebut tidaklah menghapus aplikasi, namun akan menonaktifkannya hingga nanti diaktifkan kembali / reset ulang.

Memang cara ini tidaklah terlalu efektif, selain itu banyak aplikasi yang tidak bisa dinonaktifkan. Bisa juga dengan menginstal aplikasi launcher, dan kemudian sembunyikan aplikasi penganggu sehingga tidak terlihat dibagian drawer.

HP Sudah ROOT

Jika hp sudah root, banyak cara mudah untuk menghapus aplikasi bawaan pada hp android. Kalian bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia di playstore untuk melakukannya. Selain aman, juga mudah dan tidak menyulitkan pengguna. Berikut beberapa aplikasi tersebut.

1. No Bloat Free
Seperti namanya, aplikasi ini dapat menghapus aplikasi bawaan penyebab bloat pada hp android. Sehingga bisa membuat hp lebih cepat dan menghemat batrai.

2. System App Remover
Aplikasi ini memungkinkan kita untuk dapat menghapus aplikasi sistem yang tidak terpakai. Kelebihannya adalah, aplikasi sistem penting akan ditandai. Sehingga kalian tidak akan kebingungan memilih aplikasi mana yang tidak terpakai.

3. Apps Master
Aplikasi ini sangatlah mudah untuk dipakai. Selain itu meskipun terlihat lebih sederhana dibanding aplikasi lainnya. Tools ini sangatlah bagus untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai.

Jangan Lupakan Custom ROMS!

Buat hp yang sudah root, penggunaan custom roms bisa menjadi pilihan lain untuk menghilangkan aplikasi bawaan ini. Dikarenakan custom roms biasanya sudah disesuaikan oleh sipembuat dengan kebutuhan masing-masing. Sehingga kadang aplikasi yang tidak berguna sudah benar-benar dihilangkan. Sekian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Hp Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel