-->
Idzam Blog's

Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Memori Eksternal Tanpa Root

Ok kali ini saya akan share tips buat kalian yang ingin memindahkan aplikasi dan cache ke memori eksternal. Hal ini kadang diperlukan, mengingat hp android meng install aplikasi secara default ke memori internal hp, yang mana bisa menyebabkan memori penuh dan memperlambat kinerja hp.

Cara mudah untuk memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal adalah menggunakan aplikasi yang tersedia di playstore. Seperti link2sd, app2sd dan lain-lain, Hanya saja aplikasi tersebut membutuhkan akses root. Namun bagi kalian pemilik hp belum di root, bisa melakukan tips dibawah ini.
Perlu diketahui tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal. Ada beberapa aplikasi yang mengharuskan penyimpanan cache mereka di internal. Sebaiknya gunakan memori eksternal berkualitas, seperti class 10. Karena akan mempengaruhi berjalannya aplikasi yang sudah dipindahkan tersebut.

Cara Pertama
Pada hp android ber os lolypop kebawah sebenarnya sudah ada kemampuan bawaan untuk memindahkan setiap aplikasi yang ter instal ke memori eksternal. Berikut caranya :

Buka Setting / Setelan ==> Menu Aplikasi
cara memindahkan aplikasi ke memory eksternal
Lalu pilih aplikasi yang akan dipindahkan, dan lihat menu move to sd card , pilih menu tersebut dan aplikasi pun sudah berpindah ke memory eksternal.

Cara Kedua
Apabila menu tersebut tidak ditemukan, seperti pada hp android versi marshmallow (6.0) keatas. kalian bisa mengikuti tahap berikut ini :

Didalam menu setting, buka menu aplikasi shingga terlihat daftar aplikasi yang ter install. Kemudian pilih aplikasi yang ingin kalian pindahkan.
cara memindahkan aplikasi ke memory eksternal
Kemudian pilih menu Storage & USB dan pilih lokasi memory baru, yaitu di internal atau eksternal, kemudian pilih MOVE.
cara memindahkan aplikasi ke memory eksternal
 

Cara Ketiga,

Apabila menu tersebut juga tidak terdapat pada hp android kalian, maka satu-satunya cara adalah  menggunakan aplikasi pihak ke-tiga. Dan biasanya hp harus dalam keadaan rooted untuk bisa menggunakannya.

Apabila hp kalian sudah berstatus rooted, bisa langsung download aplikasinya di playstore. Sangat banyak aplikasi yang mampu melakukan pemindahan ini. Namun saya rekomendasikan menggunakan Link2SD. Karena, sayapun menggunakannya untuk memindahkan beberapa aplikasi di hp android. Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Memori Eksternal Tanpa Root"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel