-->
Idzam Blog's

Cara Membuat Intro Youtube Keren Mudah Pakai Powerpoint

Membuat intro youtube dengan power point ? mungkin beberapa msstah merasa geli membaca judul artikel saya ini. Tapi gak perlu sungkan, kita tau gak semua orang itu pintar untuk edit video. Apalagi menggunakan software canggih semacam avs, sonny vegas dan after effect. Selain itu faktor spek komputer yang seadanya membuat youtuber pemula harus sadar diri hehe.

Saya sendiri bukanlah youtuber, tapi dengan banyaknya teman yang menanyakan cara membuat intro video youtube dengan mudah. Saya pun tergerak untuk membuat tutorial yang paling sederhana, yaitu menggunakan Microsoft Power Point. Sebenarnya tutorial tentang ini juga sudah banyak dan mungkin lebih lengkap, tapi semoga ini bisa menambah ilmu bagi kalian yang ingin menjadi seorang youtuber.

Oke langsung kita coba ya, pertama yang harus kalian miliki adalah Microsoft Office 2007 keatas, tapi saya sarankan gunakan versi 2010. Karena ada fasilitas untuk save ke video secara langsung, sementara untuk versi 2007 kalian harus instal dulu plugin save to video, bisa cari di google ya atau langsung import ke window movie maker.

Mayoritas komputer pasti sudah terinstal Ms Office ini, tapi bagi yang belum punya silahkan download dahulu ya. Selanjutnya kalian buka Microsoft Powerpoint. Aplikasi ini digunakan untuk membuat sebuah persentasi, malah saya yakin saat disekolah program ini termasuk dalam pelajaran atau tugas.

# Setelah aplikasi terbuka, silahkan atur ukuran halaman sesuai video standar youtube, yaitu rasio 16:9 (widescreen). Tab Design -> Pagesetup
Membuat intro video youtube dengan mudah


# Kemudian pada halaman video, kalian bisa masukan text (wordart), logo, dan musik untuk intronya. Dengan cara memilih pada tab Insert atau bisa juga langsung copy paste gambar kalian.
Membuat intro video youtube dengan mudah


# Untuk merubah atau edit item yang kalian masukan pada video, bisa klik item tersebut kemudian pilih tab Format.
Membuat intro video youtube dengan mudah

# Setelah selesai menambahkan, memindahkan, merubah ukuran, warna item dan lain-lain sesuai keinginan kalian, berikutnya adalah menambahkan animasi.

# Pilih pada item atau objek yang akan diberi animasi. Kemudian pilih tab Animation dan tambahkan animasi yang cocok untuk kalian.


# Untuk memudahkan, silahkan buka Animation Pane. Dengan begitu kita bisa mengatur animasi apa saja yang bisa ditambahkan pada setiap objek. Termasuk untuk mengatur kecepatan, timing, efek, suara dan lain-lain. Caranya klik kanan pada animasi yang ingin di edit pada animation pane sebelah kanan.
Animasi intro video youtube mudah


# Kalian bisa menambahkan gambar, text, clipart atau apapun untuk memperindah intro video youtube. Juga bisa memasukan transtition, yaitu animasi saat video pertama dinyalakan atau pindah slide.


# Setelah dirasa sempurna dan sesuai keinginan, selanjutnya save ke video. Caranya buka menu File, seperti gambar dibawah ini :

Membuat intro video youtube dengan mudah


Nah selesai deh, gampang kan ? setelah itu kalian hanya perlu menambahkan hasil video tersebut ke video yang sedang kalian buat. Bisa juga dipercantik dengan software lain, seperti untuk menambahkan suara / efek filter menggunakan avs atau movie maker.

Ini hasil video intro sederhana saya dari tutorial ini, proses pembuatannya hanya sekitar 5 menit. Itupun menggunakan laptop jadul, hanya modal power point hehe. Jadi buat youtuber pemula yang ingin buat intro keren tanpa watermark atau ribet mikirin gaya, mending pake power point saja. Toh hasilnya cukup memuaskan, dan terasa perjuangannya.
Mungkin untuk selanjutnya saya akan upload beberapa template power point untuk intro video youtube. Sehingga nantinya kalian hanya perlu merubah gambar / text saja. Dengan animasi , transisi yang sudah disetting sebelumnya, sehingga lebih terlihat profesional. Tunggu saja ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Intro Youtube Keren Mudah Pakai Powerpoint"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel